Legenda Danau Toba dan Pulau Samosir Dalam Bahasa Indonesia

ngancati.netDanau toba adalah sebuah danau yang terbentuk akibat ketusan gunung vulkanik, letak danau toba berada di wilayah Sumatra Utara dan merupakan danau terbesar yang ada di Indonesia. Terdapat sebuah cerita rakyat mengenai danau Danau Toba. Mengisahkan tentang kehidupan seorang petani dan ikan yang bisa berbicara.

W3lc0me to Ngancati.net

Kl1k klose (x) 2 kali untuk menutup

Terimakasih telah berkunjung 🙂

Cerita Legenda Asal Mula Danau Toba

Pada jaman dahulu di wilayah Sumatra Utara hidup seorang petani yang gemar bekerja. Petani itu tinggal seorang diri dengan kehidupan yang kurang layak, pekerjaan nya sehari hari adalah bertani. Selain bertani petani itu suka memancing ikan guna memenuhilauk pauknya sehari-hari. Suatu hari pak tani tersebut berniatan untuk memancing lantas pergi se suatu danau yang masih berada disekitaran rumahnya. Dengan berbekal sebuah pancingan dan seplastik umpan yang cukup, ia mulai memancing di danau. Sebelum melemparkan umpan ke danau, pak tani berucap “ ya Allah, semoga hari ini aku dapat ikan yang banyak”. Tak lama menunggu pancingan pak tani di gondol ikan, senar pancingnya mengencang dengan cepat. Kemudian petani tersebut dengan cepat manarik pancingan miliknya. Ikan besar dan jarang di dapatkan pak tani, ikan itu terlihat begitu indah dan lengkok-lengkok ikan yang beda dengan ikan pada umumnya.

Cerita Rakyat Asal Usul Danau Toba

Begitu ikan naik ke atas pak tani langsung melepaskan kail yang tersangkut di bibir ikan tadi, kemudian menaruhnya di ember. Sambil meneruskan memancing pak tani memandangi ikan hasil pancingannya tadi. Lama memandangi ikan tadi, pak tani mendengar suatu suara namun ia mencari-cari darimana asal suara tadi. Pandangan pak tani pun mengarah ke ikan hasil pancinganya, betapa terkagetnya petani tadi “tolong jangan makan saya!!biarkan saya hidup” suara terdengar dari mulut ikan. Dengan rasa seddikit takut petani tersebut mengembalikan ikan tadi ke danau.

Setelah ikan kembali berenang di danau mengelepak-gelepakkan ekornya, ikan tadi berubah wujud menjadi seorang wanita yang sangat cantik. Pak tani dengan rasa ketakutan diajak bicara dengan wanita jelmaan ikan “jangan takut pak , saya tidak akan menyakitimu.“Siapa kamu” sahut pak tani. Kemudian wanita tersebut menceritakan kepada pak tani “ saya adalah seorang putri pak, saya di kutuk menjadi seekor ikan karna ulah saya melanggar aturan kerajaan”, dengan masih penuh rasa ketakutan pak tani mendengarkan cerita dari wanita cantik itu.

Baca Juga :

“ Terimakasih telah membebaskan saya dari kutukan, Saya bersedia menjadi istrimu “kata ikan. Kemudian wanita dan pak tani tersebut menikah. Namun ada satu hal permintaan dari wanita itu “jika nanti mempunyai anak, agar pak tani tidak memberi tahu kepada anaknya tentang asal usul sang ibu dulunya adalah seekor ikan” atau berucap “anak ikan”. Apabila kata-kata itu terucap kepada anaknya maka akan terjadi suatu bencana besar yang akan menimpa mereka.

Cerita Legenda Asal Mula Danau Toba – Beberapa tahun menikah keluarga pak tani di karuniai seorang anak laki-laki yang sehat dan sangat tampan. Anak tersebut tumbuh dewasa namun ada suatu hal yang aneh, anak itu sangat gemar makan. Dan tidak pernah merasa kenyang, apa yang dimakannya selalu kurang dan kurang. Bahkan jatah untuk makan sekeluarga pun habis olehnya sendiri. Hal itu membuat heran pak tani.Suatu hari sang anak di perintahkan oleh ibunya untuk mengantarkan makanan kepada Ayahnya di sawah. Akan tetapi apa yang di amanatkan ibunya tidak dilakukan dengan baik, semua jatah makanan untuk ayahnya di makan nya sampai habis tak tersisa satupun. Setelah makan anak tadi tidur di sebuah gubug.

Pak tani yang berada di sawah dengan perut kelaparan menunggu kiriman makanan yang tak kunjung tiba. Dengan rasa kesal pak tani berjalan pulang, di tengah jalan di suatu gubug. Pak tani melihat anak nya sedang tidur dan di sebelah anak tadi berisi sebuah rantang kosong. “bangun bangun bangun”kata petani. Anak tadi kaget dan terbangun, “ mana makanan kiriman buat ayah!!” sahut pak tani dengan nada sedikit kesal karna lapar. Anak tadi menjawab pertanyaan petani dengan ketakutan “sudah aku makan habis”.

Di sana petani yang sangat marah memarahi anaknya, dengan rasa lapar kemarahan pak tani semakin menjadi jadi. “Pada saat itu ibunya sudah merasa cemas di rumah dan ingin mendatangi ke sawah”. Terucap dari mulut pak tani “ anak kurang ajar tak tahu di untung, Dasar anak Ikan!!”. Seketika itu terjadi peristiwa yang ganjal di wilayah tersebut, petani ingat bahwa kata-katanya tadi sudah melanggar pantangan yang di berikan oleh wanita jelmaan ikan yang merupakan istrinya. Tak lama terucap dari mulut petani, anak yang ada di hadapannya hilang beserta istrinya. Tiba-tiba dari tanah yang di pijaki petani keluar air yang menyembur-nyembur. Semua yang ada di sekitar beserta pak tani tenggelam tak tersisa apapun. Air tersebut lantas membentuk sebuah danau yang saat ini disebut Danau Toba.

Pesan yang bisa di tangkap dari cerita danau toba adalah “ Jangan pernah melanggar suatu amanah yang diberikan orang kepada kita”. Itu tadi Sedikit Kisah Danau Toba semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

  • asal mula ikan pari
  • kisah danau ranau ghik sebutan ranau
  • sejarah ikan pari
  • naskah drama danau toba 4 orang
  • dialog danau toba
Legenda Danau Toba dan Pulau Samosir Dalam Bahasa Indonesia | soni | 4.5
/* */
Selamat Datang di NGANCATI.NET

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*