Cerita Sejarah Asal Usul Terbentuknya Kota Bandung

Cerita Sejarah Asal Usul Terbentuknya Kota Bandung Tahukah Kamu asal usul nama kota bandung? Menurut catatan histori kata “Bandung” beraasal dari kata bendung  karna terbendungnya sungai Citarum oleh lava Gunung Tangkuban Perahu yang kemudian berubah menjadi sebuah telaga. Tetapi, menurut mitos orang-orang setempat nama “Bandung” di ambil dari sebuah kendaraan air yang terbagi dalam dua perahu yang diikat berdampingan yang dimaksud perahu bandung yang dipakai oleh Bupati Bandung. Kota Bandung adalah kota metropolitan paling besar di Jawa Barat dan sekalian jadi ibu kota propinsi itu. Diluar itu, kota bandung juga adalah kota paling besar ketiga di indonesia sesudah Jakarta dan Surabaya. Nama lain dari kota Bandung merupakan Kota Kembang, dan dulu juga bandung di kenal dengan Paris Van Java.

W3lc0me to Ngancati.net

Kl1k klose (x) 2 kali untuk menutup

Terimakasih telah berkunjung 🙂

Diluar itu kota Bandung dikenal juga sebagai kota berbelanja, dengan mall dan factory outlet yang banyak menyebar di kota ini. Serta pada tahun 2007, British Council jadikan kota Bandung sebagai pilot project kota terkreatif se-Asia Timur. Sekarang ini kota Bandung adalah satu diantara beberapa kota di indonesia yang menjadi sebuah tempat berwisata dan tempat pendidikan.

Asal Usul Kota Bandung Lengkap Kata “Bandung” datang dari kata bendung atau bendungan karna terbendungnya sungai Citarum oleh lava Gunung Tangkuban Perahu yang pada saat itu menjadi sebuah telaga. Legenda yang dikisahkan oleh beberapa orang tua di Bandung menyampaikan kalau nama “Bandung” di ambil dari satu kendaraan air yang terbagi dalam dua perahu yang diikat berdampingan yang dimaksud perahu bandung yang dipakai oleh Bupati Bandung, R. A. Wiranatakusumah II, untuk melayari subgau Ci Tarum dalam mencari kedudukan kabupaten yang baru untuk menukar ibukota yang lama di Dayeuhkolot.

Kota Bandung mulai dijadikan sebagai lokasi pemukiman mulai sejak pemerintahan kolonial Hindia-Belanda, lewat Gubernur Jenderalnya saat itu Herman Willem Daendels, keluarkan surat ketentuan tanggal 25 September 1810 mengenai pembangunan fasilitas dan prasarana untuk lokasi ini. Hingga kini momen ini diabadikan sebagai hari jadi kota Bandung. Kota Bandung resmi memperoleh status gemeente (kota) dari Gubernur Jenderal J. B. van Heutsz pada tanggal 1 April 1906 dengan luas lokasi saat itu sekitaran 900 ha, dan jadi tambah jadi 8. 000 ha di tahun 1949.

Bandung Lautan Api

Bandung Lautan Api

Pada saat perang kemerdekaan, pada 24 Maret 1946, beberapa kota ini di bakar oleh beberapa pejuang kemerdekaan sebagai sisi dalam kiat perang saat itu. Momen ini di kenal dengan sebutan Bandung Lautan Api dan diabadikan dalam lagu Halo-Halo Bandung. Diluar itu kota ini lalu ditinggalkan oleh beberapa penduduknya yang mengungsi ke daerah lain. Pada tanggal 18 April 1955 di Gedung Merdeka yang dulu bernama “Concordia” (Jl. Asia Afrika, saat ini), berseberangan dengan Hotel Savoy Homann, diselenggarakan untuk awal kalinya Konferensi Asia-Afrika yang lalu kembali KTT Asia-Afrika 2005 diselenggarakan di kota ini pada 19 April-24 April 2005.

Kependudukan Kota Bandung

Kota Bandung adalah kota terpadat di Jawa Barat, dimana penduduknya didominasi oleh etnis Sunda, sedang etnis Jawa adalah masyarakat minoritas paling besar di kota ini dibanding etnis yang lain. Bertambahnya masyarakat kota Bandung awalannya terkait erat dengan ada fasilitas transportasi Kereta api yang di bangun sekitaran tahun 1880 yang menghubungkan kota ini dengan Jakarta (terlebih dulu bernama Batavia). Pada tahun 1941 terdaftar sejumlah 226. 877 jiwa jumlah masyarakat kota ini setelah momen yang di kenal dengan Long March Siliwangi, masyarakat kota ini kembali jadi tambah di mana pada tahun 1950 terdaftar jumlah penduduknya sejumlah 644. 475 jiwa.

Pemerintahan Kota Bandung

Dalam administrasi pemerintah daerah, kota Bandung di pimpin oleh walikota. Mulai sejak 2008, masyarakat kota ini memilih walikota bersama wakilnya dalam pilkada, karna sebelumnya posisi ini ditentukan oleh anggota DPRD kota.

Perwakilan Pemerintahan Kota Bandung

Sesuai sama konstitusi yang berlaku DPRD kota Bandung adalah representasi dari perwakilan rakyat, pada Pemilu Legislatif 2004 terlebih dulu anggota DPRD kota Bandung sejumlah 45 orang. Sesuai sama perubahan dan bertambahnya masyarakat jadi pada Pemilu Legislatif 2009 anggota DPRD kota Bandung jadi tambah jadi 50 orang, yang lalu tersusun atas perwakilan delapan laga, dan terdiri atas 41 lelaki dan 9 perempuan.

Baca Juga :

Cerita Sejarah Asal Usul Kota Semarang Lengkap

Cerita Legenda Asal Usul Kota Banyuwangi Dalam Bahasa Indonesia

Pariwisata dan Budaya Kota Bandung

Mulai sejak dibukanya Jalan Tol Padaleunyi, kota Bandung sudah jadi tempat paling utama dalam nikmati berlibur akhir minggu terlebih dari orang-orang yang datang dari Jakarta sekitarnya. Terkecuali jadi kota wisata berbelanja, kota Bandung dikenal juga dengan beberapa besar bangunan lama berarsitektur peninggalan Belanda, salah satunya Gedung Sate saat ini berperan sebagai kantor pemerintah propinsi Jawa Barat, Gedung Pakuan yang saat ini jadi rumah resmi gubernur propinsi Jawa Barat, Gedung Dwi Warna atau Indische Pensioenfonds saat ini dipakai oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia untuk Kantor Lokasi XII Ditjen Pembendaharaan Bandung, Villa Isola saat ini dipakai Kampus Pendidikan Indonesia, Stasiun Hall atau Stasiun Bandung dan Gedung Kantor Pos Besar Kota Bandung.

Kota Bandung juga mempunyai bebrapa ruangan umum seni seperti museum, gedung pertunjukan dan galeri salah satunya Gedung Merdeka, tempat terjadinya Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Afrika pada tahun 1955, Museum Sri Baduga, yang didirikan pada tahun 1974 dengan memakai bangunan lama sisa Kawedanan Tegallega, Museum Geologi Bandung, Museum Wangsit Mandala Siliwangi, Museum Barli, Gedung Yayasan Pusat Kebudayaan, Gedung Indonesia Menuntut dahulunya jadi tempat Ir. Soekarno mengemukakan pledoinya yang fenomenal (Indonesia Menuntut) pada saat penjajahan Belanda, Taman Budaya Jawa Barat (TBJB) dan Rumentang Siang.

kebun binatang bandung

Kebun Binatang Bandung

Kota ini mempunyai bebrapa lokasi sebagai taman kota, terkecuali berperan sebagai paru-paru kota juga jadi tempat rekreasi untuk orang-orang di kota ini. Kebun Binatang Bandung adalah satu diantara lokasi wisata yang begitu senangi oleh orang-orang terlebih ketika hari minggu ataupun libur sekolah, kebun binatang ini diresmikan pada tahun 1933 oleh pemerintah kolonial Hindia-Belanda kemudian saat ini dikelola oleh Yayasan Margasatwa Tamansari. Diluar itu bebrapa lokasi wisata lain termasuk juga pusat perbelanjaan ataupun factory outlet juga menyebar di kota ini salah satunya, di lokasi Jl Braga, Cibaduyut, Cihampelas, dengan pengrajin sepatunya dan Cigondewah dengan pedagang tekstilnya. Beberapa puluh pusat perbelanjaan telah menyebar di kota Bandung, bebrapa salah satunya Istana Plaza Bandung, Bandung Supermal, Cihampelas Walk, Paris Van Java Mall, dan Bandung Indah Plaza.

Lokasi pasar tradisional yang cukup populer di kota ini salah satunya Pasar Baru, Pasar Gedebage dan Pasar Andir. Potensi kuliner terutama tutug oncom, serabi, pepes, dan colenak juga selalu berkembang di kota ini. Diluar itu Cireng juga sudah jadi sajian makanan khas Bandung, sesaat Peuyeum semacam tape yang di buat dari singkong yang difermentasi dan tentunya sudah menjadi trend oleh-oleh jika berkunjung ke Bandung. Kota Bandung juga dikenal dengan kota yang penuh dengan masa lalu sejarah perjuangan rakyat Indonesia biasanya, bebrapa monumen sudah didirikan dalam memperingati beberapa momen bersejarah itu, salah satunya Monumen Perjuangan Jawa Barat, Monumen Bandung Lautan Api, Monumen Penjara Banceuy, Monumen Kereta Api dan Taman Makam Pahlawan Cikutra.

Menarik bukan, Itulah tadi sekilas cerita mengenai Cerita Sejarah Asal Usul Terbentuknya Kota Bandung, Indah bukan, Kota Indah nan Bersejarah. Dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya di website ini. Masih banyak juga cerita asal usul lainnya.

Incoming search terms:

  • asal usul kota indramayu dalam bahasa jawa
  • legenda bengawan solo dalam bahasa jawa
  • struktur teks tangkuban perahu
  • asal usul kota lamongan dalam bahasa jawa
  • Asal usul yogyakarta dalam bahasa jawa
Cerita Sejarah Asal Usul Terbentuknya Kota Bandung | soni | 4.5
/* */
Selamat Datang di NGANCATI.NET

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*