Cerita Legenda Asal Usul Nyi Roro Kidul

Cerita Legenda Asal Usul Nyi Roro Kidul Nyi Roro Kidul atau Ratu Pantai Selatan adalah satu legenda sosok misterius yang melindungi lokasi di Selatan Jawa (Samudera Hindia). Cerita misteri Nyi Roro Kidul begitu terkenal di kelompok masyarakat Pulau Jawa dan Bali. Siapakah Nyi Roro Kidul itu sesungguhnya? Bagaimana Cerita ini jadi terkenal dan seolah jadi satu legenda yang dipercayai sebagian orang-orang Indonesia? Untuk itu pada kesempatan kali ini kita akan mengulas khusus tentang asal usul nyi roro kidul..Silahkan lanjut untuk membaca.

W3lc0me to Ngancati.net

Kl1k klose (x) 2 kali untuk menutup

Terimakasih telah berkunjung 🙂

Cerita Nyi Roro Kidul

Asal Usul Nyi Roro Kidul – Hiduplah seorang putri berparas cantik belia bernama Kadita. Dia di panggil Dewi Srengenge (matahari yang indah) sebab kecantikannya yang sungguh menakjubkan. Ayahnya adalah seorang Raja bernama Munding Wangi. Mempunyai anak yang sangat menawan namun tidaklah membuatnya bahagia, karena Dia tidak inginkan memiliki anak wanita. Sebab hasratnya untuk mempunyai anak Laki Laki, hingga Dia menikah lagi dengan Dewi Mutiara dan akhirnya mendapatkan putra yang membuatnya bahagia bukan kepalang. Tapi hadirnya anak lelaki itu tak membuat rasa sayang pada putrinya menyusut.

asal usul nyi roro kidul

Dewi Mutiara mengharapkan putranya jadi Raja, semua usaha dilakukan untuk wujudkan hasratnya itu. Dia pernah mengusir putri raja ke luar dari istana yang mengakibatkan raja jadi murka. Raja Mundi Wangi tidak akan membiarkan siapa saja menyakiti putrinya. Meskipun begitu Dewi Mutiara tidak patah arang, kemauan nya itu masihlah akan dilakukan dengan cara lain.

Esoknya di pagi hari Dewi Mutiara memerintahkan satu orang dukun untuk mengutuk Kadita. Dia memerintahkan dukun itu untuk membuat Kadita jadi penuh kudis, bila bila dukun itu berhasil, Ia berjanji bisa memberi imbalan yg tidak ternilai kepada dukun itu. Akhirnya dukun menuruti perintah sang ratu. Selanjutnya di tengah malam harinya, Dia berhasil membuat tubuh Kadita dipenuhi kudis dan gatal-gatal. Saat Kadita terbangun, dia mengerti semua badannya telah berbau busuk yang bikin Dia menangis histeris dan tak dapat berbuat apa-apa.

Saat itu juga Raja mendengar berita itu, dia juga terasa terpukul dan sangat sedih lihat peristiwa yang dihadapi putrinya. Bermacam cara dilakukan seperti memanggil tabib dan orang pintar yang lain untuk mengobati putrinya itu. Raja mulai mengerti ketidakwajaran penyakit putrinya, dia paham putrinya telah diguna-guna oleh orang jahat. Dewi Mutiara coba memaksa Raja untuk mengusir putrinya sebab sudah dikira bisa menghadirkan kesialan dalam semua kerajaan. Akhirnya Raja mengantarkan putrinya ke luar dari kerajaan itu untuk menghindari gunjingan di semuanya kerajaan. Tidak ingin diantarkan oleh sang bapak, Kadita yang malang itu, akhirnya Kadita lebih pilih hidup sendirian menyebrangi lautan. Kadita betul-betul mempunyai hati yang mulia, dia sekalipun tak dendam dalam ibu tirinya.

Baca Juga :

Cerita Legenda Asal Usul Kota Banyuwangi Dalam Bahasa Indonesia

Ringkasan Cerita Legenda Asal Usul Kota Surabaya

Dalam perjalanannya sampai di Samudera Selatan, sekitaran hampir tujuh hari tujuh malam dia menempuhnya sendirian. Di sana Dia melihat lautan yang teramat jernih dan bersih yang berbeda dengan samudera lain yang airnya berwarna hijau atau biru. Selepas itu Kadita coba melompat dan berenang di Samudera itu, saat itu juga beliau peroleh mukjizat. Diwaktu kulitnya menyentuh air laut, kudisnya sedikit untuk sedikit hilang dan Dia jadi cantik kembali bahkan juga lebih cantik dari sebelumnya. Diluar itu, saat ini Kadita memiliki kekuasaan dalam Samudera Selatan. Dia dijuluki peri yang diberi nama Nyi Roro Kidul atau Ratu Pantai Selatan yang hidup selama-lamanya.

Cerita diatas di ambil dari buku Cerita Rakyat dari Yogyakarta. Banyak versi yang lain terkait Cerita Misteri Nyi Roro Kidul, satu diantaranya yakni dari versi Jawa. Mengenai beragam penampakan Nyi Roro Kidul yang banyak telah beredar di internet, tetapi tak dapat dibuktikan lantaran dapat jadi itu editan beberapa orang jahil

Nyi Roro Kidul Menurut Legenda Jawa

Dalam Legenda Jawa, orang Jawa mengetahui arti ” telu-teluning atunggal” dimana artinya tiga sosok sebagai satu kemampuan. Yaitu Eyang Resi Projopati, Panembahan Senopati, dan Ratu Kidul. Panembahan adalah pendiri kerajaan Mataram Islam. Panembahan Senopati dipertemukan oleh Ratu Kidul pas tatacara Sunan Kalijaga. Menurut ceritanya, saat Panembahan tengah bertapa, alam jadi murka. Gunung meletus, ombak agung, badai, dan gempa bumi. Diwaktu pertemuannya berbarengan Nyi Roro Kidul, sosok perempuan penguasa laut selatan itu sepakat membantu dan membuat perlindungan Kerajaan Mataram. Konon ceritanya, Nyi Roro Kidul diketahui sebagai “istri spiritual” untuk Raja-raja Mataram Islam saat itu.

Untuk orang Jawa, pemahaman terkait penguasa laut selatan yang berkembang di masyarakat Sunda harus diluruskan. Untuk mereka pada “Rara kidul” dengan “Ratu kidul” adalah berbeda. Dalam keyakinan Kejawen, alam kehidupan itu terdiri jadi demikian banyak step, adalah alam Kadewan, alam Nabi, alam Wali, alam Menungsa (Manusia), dan yang yang akan datang adalah alam Adil. Menurut mitologi Jawa, Ratu Kidul adalah ciptaan dari Dewa Kaping telu yang isi alam kehidupan sebagai Dewi Padi (Dewi Sri) dan dewi alam yang lain. Sesaat Rara Kidul adalah Putri dari Raja Sunda yang sudah disuri karena tingkah dari ibu tirinya dan menjelma jadi sosok penguasa setelah menceburkan diri ke laut selatan.

Demikianlah ulasan singkat mengenai Cerita Legenda Asal Usul Nyi Roro Kidul yang kami kutip dari berbagai cerita yang ada. Semoga bacaan tersebut dapat menambah wawasan Anda.Terimakasih

Incoming search terms:

  • cerita legenda singkat
  • naskah drama sri segening
  • ringkasan cerita roro jonggrang
  • resensi buku cerita rakyat roro jonggrang
  • naskah drama sri tanjung
Cerita Legenda Asal Usul Nyi Roro Kidul | soni | 4.5
/* */
Selamat Datang di NGANCATI.NET

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*