Cerita Rakyat Lampung – Kisah Legenda Batu Kepampang

Cerita Rakyat Lampung – Kisah Legenda Batu Kepampang Pada Kesempatan kali ini kami akan bercerita mengenai sebuah kisah legenda dari masyarakat lamsung yaitu tentang Legenda Batu Kepampang, cerita ini datang dari lampung Utara, ceritanya begitu bagus serta menarik. Batu Kepampang sebagai bukti legenda hingga sekarang ini dan masihlah ada di Kinali. Langsung saja lanjut untuk membaca Berikut kisah ceritannya…

W3lc0me to Ngancati.net

Kl1k klose (x) 2 kali untuk menutup

Terimakasih telah berkunjung 🙂

Kisah Legenda Batu Kepampang – Di Lampung Utara tepatnya di daerah Kinali saat ini, pada jaman jaman dulu ada satu kerajaan kecil yang maju. Kerajaan itu dibawah dampak kerajaan besar Sriwijaya di Palembang saat ini.  Menurut buku-buku histori serta Cerita Rakyat di daerah Kinali, pada jaman itu kondisi orang-orang begitu aman sebab telah ada ketentuan hukum yang berlaku secara detail untuk orang-orang yang berpedoman keyakinan dinamisme.

cerita rakyat lampung Kisah Legenda Batu Kepampang

Untuk keamanan semua kerajaan, diputuskan hukum yang melarang orang berbuat jahat, membunuh, mengambil, serta menganggu orang lain. Apabila ada anggota orang-orang berbuat jahat, akan dipakai hukuman pemotongan leher di satu batu, sekalian sebagai persembahan pada dewa yang kuasai bumi. Batu tempat pengawal kerajaan memotong leher orang yang bersalah itu diberi nama Batu Kepampang. Sampai saat ini batu itu masihlah ada di daerah Kinali. Telah beberapa orang yang dibunuh diatas Batu Kepampang. Walau demikian, mulai sejak jaman kolonial hukuman pemotongan leher itu dilarang serta ditukar dengan hukuman yang sesuai sama perubahan jaman.

Menurut cerita beberapa orang tua yang masihlah ada di Kinali, orang-orang pada jaman dulu begitu takut mendengar Batu Kepampang. Banyak penjahat bertobat lantaran mereka akan memperoleh hukuman berat dari raja jika ketahuan lakukan kejahatan di lokasi kerajaan yang hingga saat ini tak di ketahui namanya itu.

Baca Juga :

Legenda Asal-Usul Gunung Tidar di Magelang

Legenda Candi Pringapus Ngadirejo Jawa Tengah

Beberapa penjahat yang dijadikan korban untuk para dewa serta dipotong lehernya diatas Batu Kepampang dimaksud Irawan. Orang-orang Lampung kuno begitu yakin. Jika telah menganiaya orang hingga mati, rasa malu keluarga akan terobati. Walau demikian, sesudah masuknya agama Islam Lampung didatangi beberapa orang kolonial, cara tersebut tak dibenarkan lagi. Hingga saat ini, legenda Batu Kepampang masihlah saja didongengkan beberapa orang tua di daerah Lampung Utara. Tujuannya, untuk mendidik anak cucu mereka supaya senantiasa berbuat baik serta tak menganggu orang lain. Oleh karenanya, hingga saat ini orang Lampung begitu terbuka pada tiap-tiap orang yang datang dari luar Lampung. Mereka dengan cepat serta gampang bergaul dengan cara akrab dengan golongan pendatang. Itulah tadi sedikit cerita rakyat dari lampung. Semoga ulasan diatas dapat membantu anda untuk mendapatkan cerita-cerita menarik yang terjadi pada masa lampau.

Selain cerita diatas terdapat banyak juga cerita lainnya yang masih bertemakan Lampung , dan juga terdapat cerita rakyat lampung menggunakan bahasa lampung , Jangan lupa untuk membaca cerita menarik lainnya di website kami..Terimakasih

Incoming search terms:

  • legenda batu kepampang dalam bahasa lampung
  • cerita rakyat aceh utara
  • cerita rakyat lampung barat
  • cerita rakyat lampung danau ranau
  • contoh warahan
Cerita Rakyat Lampung – Kisah Legenda Batu Kepampang | soni | 4.5
/* */
Selamat Datang di NGANCATI.NET

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*