Cerita Sejarah Asal Usul Kota Grersik

Cerita Sejarah Asal Usul Kota Grersik Kabupaten Gresik yaitu satu kabupaten di Propinsi Jawa Timur, Indonesia. Ibu kotanya yaitu Gresik. Kabupaten Gresik mempunyai luas 1. 191, 25 km². Lokasi Kabupaten Gresik juga meliputi Pulau Bawean, yang ada 150 km terlepas pantai Laut Jawa. Kabupaten Gresik bersebelahan dengan Kota Surabaya dan Selat Madura di samping timur, Kabupaten Lamongan di samping barat, Laut Jawa di samping utara, dan Kabupaten Sidoarjo dan Mojokerto di samping selatan. Gresik di kenal sebagai kota tempat berdirinya pabrik semen pertama dan perusahaan semen paling besar di Indonesia, yakni Semen Gresik. Berbarengan dengan Sidoarjo, Gresik adalah satu diantara penyangga paling utama Kota Surabaya, dan termasuk juga dalam lokasi Gerbangkertosusila.

W3lc0me to Ngancati.net

Kl1k klose (x) 2 kali untuk menutup

Terimakasih telah berkunjung 🙂

Gresik nyatanya mempunyai banyak nama, Gerwarasi, Giri Gisik, Grissee atau orang Gresik saat ini dalam mengatakan kata Gresik keseharian malah jadi Nggersik. Tersebut tulisan histori asal usul kota Gresik oleh Mustakim, sejarahwan Gresik : Mencari asal-usul nama Gresik yaitu hal yang begitu menarik, karna ada beragam macam pandangan. Tersebut disini sebagian pandangan yang terkait dengan nama Gresik :
Babad Gresik menyebutkan nama Gresik dengan sebutan “Gerwarasi” :

” … kacariyos lampahipun karena sangat sabrang sami nitih bahita mentas hing gegisik. Dhekahan punika dipun nameni langkah Arab : Gerwarasi, artosipun gunung hana panggonanku leren.

” …Diceritakan kepergian mereka dari seberang, dengan naik perahu, mendarat di Gegisik, pantai di kaki gunung Sahimbang. Selalu berdiam (membuat dhukuh) di pantai situ. Pedhukuhan itu dinamakan dengan bhs Arab : Gerwarasi, artinya tempatku istirahat. “

Sejarah singkat kota gresik – Prasasti Karang Bogem berangka tahun. 1387 M diketemukan di Karang Bogem, masuk lokasi Bungah saat ini. Prasasti ini berisi nama Gresik dalam Bhs Jawa kuno :

kota gersik kuno

gersik dalam bahasa indo

Bangsa Cina yang pernah mendarat di Gresik pada pertama era ke-15 M pertamanya menyebutkan Gresik dengan nama “T’Se T’sun” artinya perkampungan kotor, satu tahun lebih lalu beralih sebutan jadi “T’sin T’sun, ” bermakna Kota Baru.

” De Chinezen kwamen er reeds voor 1400 A. D. en noemeden het T’se-T’sun over de afleiding van deze weining verheffenden naam-de letterlijke beteekenis is kakhuisdorp. Rouffaer, KITLV, 7e volgreeks, V 1906, blz. 178. “

Artinya :
“Kedatangan beberapa orang Cina telah berlangsung sebelumnya tahun. 1400 M dan menyebutkan nama T’se-T’sun. Mengenai asal-usul nama yang menarik ini arti harfiahnya adalah perkampungan kumuh, bisa di baca info Rouffaer dalam KITLV, seri kelanjutan ke-7, V 1906, halaman 178. ”

Gresik sempat juga di kenal dengan nama Tandes. Nama Tandes dalam kesusastraan Jawa memanglah digunakan untuk menyebutkan Gresik sebagai arti pengganti. (Tim Penyusun, 2003 : 23). Tandes untuk menyebutkan nama Gresik dapat juga di baca pada inskripsi yang ada dalam komplek makam beberapa bupati Gresik terdahulu. Nama ini terukir pada suatu batu berupa lingga, di depan makam Tumenggung Poesponegoro. Inskripsi itu ditulis dalam bhs Jawa Madya berbunyi :
” Puniko wewangun hing Kanjeng Tumenggung Poesponegoro hing negri Tandes, hisakala sami adirasa tunggal masaluhu tanggala titi. “

Artinya :

” Ini yaitu bangunan persembahan Kanjeng Tumenggung Poesponegoro di negeri Tandes (Candrasengkala memet yang bermakna tahun. Saka 1617), Tuhan Allah Yang Maha Tinggi. “

Bangsa Portugis saat pertama kali mendarat di Gresik tahun. 1513 M menyebutnya dengan perkataan ” AGACE. ” Bangsa Belanda menyebutkan Gresik dengan nama ” GRISSEE. ” Dalam Serat Centini, satu karya sastra yang terbit pada pertengahan pertama era ke-19 M menyebutkan Gresik dengan nama ” GIRI- ISA. ” Menurut Banun Mansur, Gresik dalam Bhs Arab datang dari kata ” QARRA-SYAIK, ” bermakna Tancapkan suatu hal. Kalimat ini terucap saat seseorang nahkoda kapal memerintahkan pada anak buahnya untuk menancapkan Jangkar sebagai sinyal kapal sudah berlabuh. Menurut Solihin Salam asal nama Gresik yaitu ” GIRI-ISA, ” atau ” GIRI –NATA, ” berati Raja Bukit. Hal semacam ini untuk menyebutkan penguasa Giri. J. A. B. Wisselius dalam bukunya yang berjudul ” Historisch Onderzoek naar Gestelijke en Wereldelijke Suprematie van Grissee op Midden Oost Java Gedurende 16e en 17e Eew, ” menyampaikan kalau Gresik terlebih dulu bernama “Gerwarase”. Nama ini populer sampai tahun. 1720 M.

Cerita Sejarah Asal Usul Kota Gersik Thomas Stamford Raffles dalam bukunya The History of Java memiliki pendapat kalau sebutan Gresik datang dari kata ” GIRI-GISIK, ” bermakna tanah di pinggir laut (pesisir). Giri-Gisik lalu beralih jadi Giri-Sik, pada akhirnya jadi Gresik. Di Gresik sempat juga di kenal satu nama tempat bernama Jaratan (Jortan). Nama ini dengan cara historis menempel pada peta buatan pelayar Belanda pada pertama era XVII M. Nama ini dikira sebagai satu diantara dua buah pelabuhan yang ada di Gresik, tempatnya ada di muara Bengawan Solo Lawas, tepatnya di Desa Mengare. Beberapa musafir Belanda berulang-kali menyebutkan nama Jaratan (Jortan) untuk menyebutkan satu kota pelabuhan Gresik. (H. J. de Graaf, 1985 : 172).

Dari sebagian sebutan, nama Gresik bisa saja datang dari ketidaksamaan langkah pengucapan lidah manusia. Seperti di ketahui kalau beberapa orang asing menyebutkan nama Gresik sesuai dengan olah kata mereka, seperti Grissee, Gesih, Geresih, Gerwarase, Qarra-syaik. Agacime, dan beragam sebutan yang lain.

Sekian sebagian pandangan mengenai asal nama Gresik yang masih mengundang banyak perbincangan.

Disclaimer : Kutipan cerita diatas diambil dari berbagai sumber yang sudah ada dan banyak versi lain untuk cerita daerah tentang Gersik. Terimakasih

Incoming search terms:

  • naskah drama sunan gresik
  • cerita nyi roro kidul dan kota purwodadi
  • naskah drama sunan gre
  • sinopsis cerita rakyat asal usul gresik
  • naskah drama cerita rakyat tangkuban perahu dalam bahasa jawa
Cerita Sejarah Asal Usul Kota Grersik | soni | 4.5
/* */
Selamat Datang di NGANCATI.NET

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*