Dongeng Sunda – Asal Usul Cerita Rakyat Situ Bagendit

Dongeng Sunda – Asal Usul Cerita Rakyat Situ Bagendit Situ Bagendit atau dalam bhs Indonesia yang bermakna Danau Bagendit adalah satu diantara danau yang ada di daerah Jawa Barat. Berdasar pada beberapa pendahulu dan pakar histori. Situ Bagendit itu di ambil dari nama seseorang wanita tua yang bernama Bagendit. Lantaran satu cerita kehidupan Bagendit Munculah situ atau danau itu dan jadikan situ itu banyak di kenal oleh nyaris semua orang-orang Indonesia lantaran legenda yang mendasarinya.

W3lc0me to Ngancati.net

Kl1k klose (x) 2 kali untuk menutup

Terimakasih telah berkunjung ūüôā

Cerita Rakyat Situ Bagendit

Jaman jaman dulu, di satu desa yang terdapat di Jawa Barat, hiduplah seseorang perempuan kaya bernama Nyai Bagendit. Sejak suaminya wafat, Nyai Bagendit memperoleh warisan berbentuk kekayaan yang berlimpah. Sayangnya, hal itu membuat Nyai Bagendit jadi kikir dan congkak.

Nyai Bagendit paling suka mengadakan pesta dan suka menunjukkan harta benda dan perhiasannya pada warga sekitaran. Tetapi, ia tak pernah ingin menolong warga yang tengah kesusahan. Setiap saat warga datang memohon bantun, Nyai Bagendit menampiknya dengan angkuh. Warga begitu tak suka pada perangai Nyai Bagendit. Tetapi, mereka tak dapat berbuat apapun juga.

Dongeng Sunda Pendek – Asal Usul Cerita Rakyat Situ Bagendit –¬†Satu hari, Nyai Bagendit kembali mengadakan pesta. la juga mulai menunjukkan kekayaan dan perhiasannya pada tamu yang ada. Mendadak, datanglah pengemis dengan baju compang-camping clan kotor.

‘Nyai, tolong berikan hamba makanan sedikit saja, ‘ kata pengemis itu.

Nyai Bagendit begitu kesal dan mengusir pengemis itu, ‘Pergilah kau dari rumahku, pengemis kotor! ‘ Pengemis itu juga pergi dengan rasa sedih.

Esok harinya, di desa itu berlangsung suatu hal yang aneh. Mendadak, di satu jalan di desa itu diketemukan satu tongkat yang tertancap di tanah. Tak ada satupun bisa mencabut tongkat itu, meskipun telah cobanya beramai-ramai. Pada akhirnya, datanglah pengemis yang terlebih dulu diusir oleh Nyai Bagendit. la mencabut tongkat itu.

Cerita Rakyat Situ Bagendit –¬†Sesudah dicabut, mengalirlah air dari tempat itu. Semakin lama makin deras. Lantaran takut terbenam, beberapa masyarakat selekasnya mengungsi mencari tempat yang aman.

Nyai Bagendit tidak ingin meninggalkan tempat tinggalnya meskipun air makin tinggi. la tidak ingin meninggalkan tempat tinggalnya yang penuh dengan harta dan perhiasan. la juga terbenam berbarengan tempat tinggal dan berisi. Tempat itu beralih jadi satu danau yang lalu diberi nama Situ Bagendit.

Baca Juga :

Pesan moral dari Dongeng Sunda РAsal Usul Cerita Rakyat Situ Bagendit yakni keserakahan pada harta benda bakal mencemoohkakan diri kita. Bantulah orang disekitarmu yang memerlukan, dimasa mendatang waktu dirimu tengah kesusahan jadi Tuhan bakal membantumu.

Incoming search terms:

  • naskah drama legenda 6 orang pemain
  • sinopsis situ bagendit
  • kesimpulan cerita situ bagendit
  • naskah drama situ bagendit dalam bahasa jawa
  • ringkasan cerita situ bagendit
Dongeng Sunda – Asal Usul Cerita Rakyat Situ Bagendit | soni | 4.5
/* */
Selamat Datang di NGANCATI.NET

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*