Dongeng Sunda Pendek – Asal Usul Pantai Karang Nini

Dongeng Sunda Pendek – Asal Usul Pantai Karang Nini Berikut adalah sebuah cerita pendek yang berasal dari jawa barat yang berjudul asal usul pantai karang nini. Selain menyajikan sebuah pesona alam atau tempat wisata yang indah pantai ini juga memiliki sebuah cerita, Kurang rasanya jika anda suka bermain ke tempat ini tanpa membaca cerita asal usulnya..Langsung saja simak cerita berikut ini..

W3lc0me to Ngancati.net

Kl1k klose (x) 2 kali untuk menutup

Terimakasih telah berkunjung 🙂

Asal Usul Pantai Karang Nini – Aki Ambu dan Nini Arga Piara yaitu sepasang suami istri yang telah tua renta. Mereka tak dikarunia anak, namun hidup sama-sama menyayangi dan setia keduanya. Sehari-hari mendekati malam, Aki Ambu pergi ke laut untuk memancing ikan dan baru pulang saat pagi harinya. Satu saat, Aki Ambu tampak kurang sehat, hingga Nini Arga Piara melarang Aki Ambu untuk melaut.

‘Aki tak apa-apa, Nini. Biarlah Aki pergi mencari ikan. Persediaan makan kita telah ingin habis. jika Aki tak melaut, kita tak miliki makanan besok ‘ tutur Aki Ambu.Walau sudah dilarang oleh istrinya, Aki Ambu tetaplah menginginkan pergi. Pada akhirnya, Nini Arga Piara melepas Aki pergi.

Dongeng Sunda Pendek - Asal Usul Pantai Karang Nini

‘Hati-hati ya Ki, jika rasa-rasanya tak kuat tambah baik pulang saja. ‘ pesannya pada Aki Ambu. Aki Ambu juga pergi ke laut dan mulai memancing ikan. Tetapi, hingga tengah malam tidak satu juga ikan ia bisa. Disamping itu, Nini Arga gelisah menanti suaminya dirumah. Hingga pagi saat ayam berkokok, Aki Ambu belum juga pulang. Pada akhirnya, Nini pergi ke pantai coba mencari suaminya. Usahanya percuma. la tidak temukan Aki Ambu. Hari selanjutnya, Nini Arga dibantu warga mencari Aki Ambu. Tetapi, tetap harus Aki Ambu tak diketemukan.

Lantas, Nini Arga duduk di pantai sembari menangis. ‘Ya Tuhan, hamba mohon pertemukanlah hamba dengan suami hamba’sambil menangis. Tuhan mengabulkan permintaannya. Mendadak, dihadapannya dari dalam laut nampaklah sebentuk batu karang mengambang dihadapannya. Berbarengan dengan itu terdengarlah nada gaib.

Dongeng Sunda Pendek – Asal Usul Pantai Karang Nini – ‘Nini Arga, batu yang mengambang itu yaitu penjelmaan suamimu. Jadi, janganlah mencari suamimu lagi. ‘Nini Arga menangis sejadi-jadinya. la tak menganggap bakal berpisah dengan suaminya seperti ini. Sembari selalu menangis, ia berdoa pada Tuhan.’Ya Tuhan, hamba begitu menyukai suami hamba. Biarlah kami berbarengan selama-lamanya. Gantilah hamba jadi seperti suami hamba. ‘Mendadak langit mendung dan petir menyambar. Badan Nini Arga juga beralih jadi batu karang yang bertemu dengan batu terapung perwujudan Aki Ambu.

Baca Juga :

Legenda Candi Pringapus Ngadirejo Jawa Tengah

Sejarah Asal-Usul Candi Mendut

Oleh orang-orang sekitaran batu karang itu diberi nama Karang Nini dan batu yang letaknya terapung perwujudan Aki Ambu diberi nama Bale Kambang, lantaran letaknya diatas perairan.Pesan moral dari Dongeng Dongeng Sunda – Asal Usul Pantai Karang Nini yaitu kebaikan yang kalian sebarkan pada orang lain bakal berbuah kebaikan untukmu dimasa mendatang. Selain cerita diatas masih banyak juga dongeng bahasa sunda lainnya yang bisa anda baca di website ini.

Incoming search terms:

  • dongeng sunda
  • bahasa lampung asal mula pantai karang nini
  • asal usul desa karang langit
  • asal usul desa randudongkal nganggo bahasa jawa
  • carpon sunda pantai karang nini
Dongeng Sunda Pendek – Asal Usul Pantai Karang Nini | soni | 4.5
/* */
Selamat Datang di NGANCATI.NET

Kl1k Tanda(x) 2 Kali Untuk Tutup

Terimakasih Telah Berkunjung:*